Selasa, 19 Maret 2013

PROGRAM-PROGRAM ADIWIYATA


Untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang asri, pihak sekolah mengadakan beberapa program yang mendukung pencapaian tujuan tersebut, antara lain:
A.    Sumur Resapan
Sumur resapan berfungsi memberikan tambahan air secara buatan dengan cara meresapkan air hujan ke dalam tanah. Manfaat sumur resapan ini beberapa diantaranya, Mengurangi erosi dan sedimentasi, Mencegah penurunan  tanah, Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah, dll. Di SMA kita letaknya berada didepan kelas XI IPA 7
B.     Biopori
Biopori adalah lubang-lubang kecil atau pori-pori  di dalam tanah. Pori-pori yang ada dapat menigkatkan kemampuan tanah menahan air dengan cara menyirkulasikan air dan oksigen ke dalam tanah. Manfaat biopori yaitu meningkatkan daya resapan air. Letak biopori terdapat di sekeliling lapangan basket, lapangan besar, dan di dekat aula.







C.    Greenhouse
Bangunan yang sebagian dinding dan atapnya terbuat dari kaca tembus pandang yang bertujuan untuk memanipulasi kondisi lingkungan agar tanaman di dalamnya dapat berkembang optimal. Manfaat greenhouse antaranya meminimalisasi pestisida, mengatur hasil produksi tanaman, dan sebagai sarana agrowisata.





D.    Komposting
Komposting adalah proses pengendalian penguraian secara biologi dari bahan organik, menjadi produk seperti humus yang dikenal sebagai kompos
E.     Daur Ulang
Proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.
F.     Pengadaan Sarana Kebersihan dan Kolam

Terdiri dari pengadaan tempat cuci tangan dan pembuatan kolam di depan ruang guru.
G.    Penanaman Pohon
Untuk mencegah global warming dan untuk memperindah lingkungan sekolah, sekolah kita tercinta ini mengadakan program penanaman pohon diberbagai sudut sekolah.
H.    Mading Lingkungan Hidup
Untuk memaparkan pemikiran-pemikiran tentang lingkungan hidup ,mading sekolah kita menampilkan karya-karya bertemakan lingkungan hidup.




I.       Pemisahan Sampah
Sampah secara garis besar dibagi menjadi dua macam, yaitu sampah organik dan anorganik. Maka dari itu sekolah kita menyediakan tempat untuk mempermudah pemisahan sampah-sampah tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar